Thursday, 22 September 2016

Tidying can Spark Joy?



Cerita ini berawal dari meja kerja yang diberesin bos, bukan punya aku saja sih, tapi punya orang satu ruangan. Ini bikin kita se-ruangan malu banget, secara Bos yg super sibuk nyempet-nyempetin beresin ruangan, gemes sama keberantakan di ruangan kami mungkin.
Akhirnya setelah saya amati hasil beres-beresnya Pak Bos, dari saat itu sadar, rapi means tidak banyak barang, sebenarnya meja aku tidak terlalu berantakan, tapi memang banyak barang di meja, jadi terlihat berantakan juga sih, jadi intinya simpan yang penting-penting saja, sisanya kasih ke orang lain yang membutuhkan atau apabila sudah tidak dibutuhkan orang lain dan tidak bisa dipakai lagi yaa buang.
Saya mulai organize barang-barang. Mana yang penting, mana yang dipakai setiap hari, mana yang harus terlihat terus, mana yang dipakai sewaktu-waktu, semua saya kelompokan.

1. Barang yang sering dipakai, saya simpan di laci kecil di atas meja, isinya kebanyakan alat tulis, obat-obatan, dan printilan-printilan kecil seperti jarum dan bros jilbab, name tag, dll, sekalian simpan disitu semua, lumayan space nya bisa terpakai.

image 
 
2. Yang sering dipakai tapi harganya lumayan, aku simpan di laci, seperti mouse, notes, minuman kemasan, pembersih kuman dll karena tahu sendiri di kantor itu seperti apa, kadang ilang jadi mesti pintar-pintar nyimpen, jadi saya simpan di laci agar pas pulang di kunci, kadang saya ga kunci juga aman-aman saja, yaa setidaknya tertutup lah, tidak mengundang orang untuk niat mengambil.

image

3. Barang-barang yang mesti terlihat tiap hari, seperti map surat tugas, map laporan, dan map yang lain, saya simpan di meja juga, jadi jika sewaktu-waktu tiba-tiba Bos menanyakan map-map itu, saya langsung bisa cepat ngeuh di mana dan langsung bisa mengambil.

image

4. Barang-barang yang jarang dipakai, tapi harus ada di kantor, aku simpan di lemari kecil di bawah laci. Jadi di sini saya simpan copy barang-barang yang suka tiba-tiba diperlukan.

image
Lalu karena saat jam istirahat suka keluar kantor, jadi saya simpan tas kecil di kantor, kan keluar menggunakan sepeda motor, jika membawa dompet ditenteng bahaya takut terjatuh atau apa, makanya mesti sedia tas, biar feel free saat naik motor. 


5. Barang-barang sentimental seperti foto, bros yang berharga, saya tempel-tempel di meja.
Kegiatan kelompokkelompokan ini juga saya praktekan di kamar, bahasnya kapan-kapan saja yaa tapi, nanti kepanjangan. 

Nah, judul tulisan ini adalah, tidying can sparks joy? Why???
Jadi pagi ini, seperti biasa saya surfing di youtube, nemu video nya tidying technic Mari Kondo dari Jepang, nama tehnik nya KonMari.
Beres-beres memang jadi problem untuk sekian banyak orang, dan ternyata tehnik itu sama dengan yang sudah aku praktekan, dan memang sadar ataupun tidak, beres-beres membuat lebih ringan ngejalanin hidup yang sudah berat ini (eaaaa).
Terasa sekali ketika sedang banyak yang harus dikerjakan, stress ini itu, dan harus mencari barang, pas melihat meja berantakan, pusing tambah pusing tambah stress. Naaah sedangkan jika meja kerja rapi, melihatnya saja sudah happy, beban berkurang, dan mencari apapun gampang, tidak perlu stress semakin stress, sebenarnya stress nya tetep sih, tapi yaa tidak bertambah stress.
Makanya ya mungkin juga, kenapa barang-barang pemberian orang itu bisa lebih awet dan dipakai terus, kerena barang-barang dari orang lebih spark joy, jadi sayang dan dipakai terus. Dibanding dengan barang yang aku beli sendiri suka cepat bosan, malas dipakai lagi, dan lain-lain, karena kadang aku beli barang juga karena terpaksa. Sama juga seperti barang yang aku beli offline lebih berharga daripada yang beli online, karena saat beli offline itu ada history nya, perjuangan nyari, pergi sama siapa, beli nya di mana, jadi ya barang yang dibeli itu bukan cuma sekedar barang yang dibeli, apalagi sebagai emak-emak saat beli dapat diskon itu pasti barang jadi spark joy banget karena sudah membuat merasa save uang lebih banyak, bisa mengalahkan harga penawaran si penjual, dan happy beli barang itu, jadi si barang bukan sekedar barang, tapi ada value nya tersendiri, so, it can spark joy...
Sekian, untuk yang mau tau tentang tidying tehnik bisa browsing atau lihat di youtube.
Semoga bisa tambah joy hidup kamu 😘😘😘

Ambon, 7 Agustus 2016
This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment