Sunday, 19 February 2017

Fantastic Food in Tasikmalaya, and Where to Find Them

Kali ini saya akan bercerita tentang makanan favorit saya di Tasikmalaya, makanan yang selalu saya rindukan ketika di  tanah rantau. Bagi saya makanan ini wajib sekali untuk dimakan ketika sedang berada di Tasikmalaya, makanan apa saja? Check this out:

1. Cilok Goang Dapur Luna
Alamat: JL. BKR Tasikmalaya

Untuk sebagian orang, mungkin menganggap makananan ini makanan biasa saja, apa sih cilok doang. Tapi bagi saya, ini cilok bukan sembarang cilok, rasanya enak, seger, dan nagih. Meskipun namanya ada "goang" nya, yang artinya sambel cabe yang diulek dan identik dengan rasa pedas, namun di sini sebenarnya sambel pedasnya dipisah, jadi tingkat kepedasan kita atur sendiri, atau tidak pedas sama sekali juga bisa. Dulu pas awal-awal, menu yang tersedia di sini hanya cilok, namun sekarang menunya lebih variatif, ini dia daftar menunya



Penampakan cilok goang

Cilok Goang Tangkar Sayur

Cilok Goang Sayur

Enaaak, bikin kenyang (menurut perut saya sih), dan seger. Jika anda ke Tasik, dicobain deh.

2. RM. Hegarsari
Alamat:  Jalan BKR No 94 Tasikmalaya
 
Menu yang paling saya sukai di RM Hegarsari ini adalah oseng genjer, genjer itu sejenis eceng gondok, setelah dimasak rasanya mirip tumis kangkung, namun genjer ini daun dan batangnya lebih lembut daripada kangkung. Bumbunya di sini juga seger banget, enak lah pokoknya. 
Seperti RM sunda lainnya, menu khas masakan sunda siap anda pesan. Menu yang biasa menjadi andalan saya dan adik-adik saya yaitu ayam kosek, ayam bakar, oseng genjer, mendoan, sambel lalap, dan teh tawar panas. Namun, kali ini kami pesan sate maranggi. Ini dia penampakan makanan pesanan kami



Sate maranggi yang dagingnya empuk, bumbu meresap, dan potongan daging yang cukup besar, makan 2 tusuk saja sudah membuat saya kenyang.


Selanjutnya ini dia yang ditunggu-tunggu, oseng genjer

Ini kami pesan 2 porsi karena satu porsi pasti tidak akan cukup, secara adik-adik saya juga suka. 

Selanjutnya ada mendoan

Seperti mendoan pada umumnya, tempenya pas setengah matang dibalut tepung, dan digoreng, enaaak

Tak ketinggalan, makanan orang sunda banget, sambel lalap

Ini sambelnya pedes, jadi saya tidak makan banyak-banyak, sayurannya segaaar, dan lalapan kesukaan saya yaitu terong ijo, enak dan segar. 

Minumnya, sebagai orang sunda tulen, tentu saja teh tawar panas, jika makan makanan sunda, coba deh minumnya jangan jus atau es teh, tapi minum teh tawar panas, rasanya beda, sunda banget, ada memori-memori yang ke recall gitu.

Dan tak lupa, belum makan kalau tidak makan nasi, nasi putih anget tak ketinggalan untuk di post

Over all selalu puas kalau makan di sini, suasananya enak, dan harganya juga bersahabat, ini dia foto-foto suasana di RM Hegarsari








Menu makanan, harga ditulis menggunakan pensil, mungkin agar mudah disesuaikan dengan perubahan harga yang terjadi



Jika anda ingin makan makanan sunda di Tasik, saya rekomendasikan sekali untuk makan di sini.

3. Sop Buah Pribumi
Alamat: Jalan Mang Koko, Indihiang, Tasikmalaya
Nah untuk yang ini baru pertama kali saya mencobanya atas rekomendasi adik saya, mangkuk sop buah yang terbuat dari melon membuat tempat ini jadi hits di Tasikmalaya.




Ini dia list menu dan harganya



Untuk minuman, saya sejujurnya suka sekali dengan es kuwut yang ada di Jalan Dr Sukarjo dekat Masjid Agung Tasikmalaya, namun adik bungsu ingin makan sop buah di sini, jadi kami memutuskan untuk mencobanya, tapi tetap saya pesan es kuwut.


Menurut saya lebih enak es kuwut langganan saya yang di Jalan Dr Sukarjo karena rasanya lebih segar, tingkat kematangan melon dan kelapanya pas, dan kalau yang pribumi ini ada rasa pahitnya, apa ya yang membuat pahit, saya saja tak tahu. Hehehe

Adik-adik saya pesan sop buah, ini dia penampakannya


Enak, segar, dan worth it dengan harga yang harus dibayar.

Sebagai teman cemal-cemil, tak lupa kami pesan cilok, cilok ini saya tidak makan sama sekali, dilihat dari penampakannya saja sudah pedas, apalagi saat melihat ekspresi adik saya setelah makan ini, kepedasan, padahal adik saya biasa tahan makan pedas, semakin saya tidak jadi makan cilok, ini dia penampakan cilok-cilok pedas, ini masalah selera saja sih, mungkin untuk teman-teman yang suka pedas ini rasanya pas di lidah

Cilok Ijo Jeruk

Cilok Setan Merah

Masalah harga, worth it lah, tapi tempatnya kecil sedangkan yang datang banyak, jadi harus antri dan harus sabar menunggu sebelum dapat tempat duduk. 

Itu dia makanan favorit saya yang harus dicoba jika sedang di Tasik, makanan lain pun di Tasikmalaya banyaaaak yang enak-enak banget, seperti TO Benhil, bakso-bakso, es bojong, dan lain-lain. Semoga kapan-kapan bisa cerita tentang makanan terbaik lainnya yang ada di Tasik. Sekian dulu cerita kali ini, terima kasih sudah membaca.

0 comments:

Post a Comment