Friday, 29 September 2017

Cara Mengalihkan Perhatian

Sebagai manusia yang drama, sering banget ngerasa sedih, galau, hopeless dan lain lain. Dalam seminggu, pasti ada aja minimal sehari acara galau-galauan, sedih-sedihan, dan pengen ga ada di tempat aku berada saat nulis ini.
Saking seringnya, aku jadi sering eksperimen, gimana caranya biar lupa sama ke-nelangsa-an ini, begini cara-cara nya yang sering berhasil ngalihin perhatian dari yang sedih-sedih, yaa sapatau orang yang lagi sendu-sendu semacam aku pas nulis ini bisa dapet inspirasi buat ga sendu terus:

1. Main ke kamar ka Evelyn dan Nadia
Biasanya curhat, cerita-cerita ngalor ngidul, nonton-nonton, dan lain-lain. Intinya dari main ke kamar orang ini adalah “nyari temen”, kalau sendiri malah galau, dan kalau sampe nangis-nangis depan orang kan malu.

2. Nonton
Karena sejak akhir 2015 aku ikrarkan untuk se-minimal mungkin buat nonton di bioskop, jadi aku seringnya nonton youtube, nonton drama, nonton film-film yang di hardisk.

3. Masak
Bikin percobaan masakan ini itu ini itu, enak ga enak tetep dimakan karena bikinan sendiri, jadi bisa ngabisin waktu dari pada galau, bisa kenyang, bikin gendut sendiri.

4. Nulis Diary
Ini old style banget emang, tapi enak loh abis nulis diary itu, ini baru aku lakuin akhir-akhir ini juga sih.

5. Baca Novel
Daripada meratapi nasib sendiri, baca novel bisa bikin tenggelam dalam kisah orang lain, yang seneng-seneng, yang sedih-sedih, semua bakal berlalu, entah endingnya seneng apa sedih, yang penting yang sedih-sedih ini bakalan berlalu juga.

6. Postcrossing
Hobi baru aku nih, tuker-tukeran kartu pos seluruh dunia, jadi spark joy banget kan pas dapet kartu pos dari orang lain, dan baca-baca trus liat-liatin perangkonya, seneng banget rasanya.

7. Hunting Foto
Di Ambon ini, view alam nya bagus, foto-able, jadi kalau sedih pergi ke spot-spot foto, dan habiskan waktu.

8. Upload Foto
Yang bikin seneng kalo fotonya banyak yang nge-like hahaha, artinya hasil foto bagus dan diapresiasi banyak orang, ini bikin seneng.

9. Ngitung Uang
Siapa sih yang ga seneng kalo pas ngitung uang, seneng kalo yang diitung uang sendiri lah yaa, jadi aku tipe orang penabung 20rb an, jadi kalo sedih-sedih, bongkar toples tabungan, itung, setor tunai, dan masuk ke rekening, syenaaang~~~

10. Olah Raga
Katanya ini katanya berenang itu olah raga paling baik, terutama buat rilis stress, jadi aku usahain buat berenang seminggu sekali. Dari awalnya gabisa berenang sama sekali, takut air, mau nyelupin kepala aja takut, terus belajar terus, sampe sekarang baru kuat setengah kolam (sisi lebarnya sih hahaha) dan dalem 1,5 meter aja. Tapi lumayan, kalo abis berenang itu fresh banget rasanya. Terus sekarang udah punya barbel di kamar, jadi sedih-sedih dikit aku workout, push up, sit up, angkat barbel sampe keringetan, sampe energi abis, sampe ga ada energi buat nangis, sampe cape banget dan pengen tidur aja udah.

Yang Mesti Dihindari Saat Galau
1. Dengerin lagu galau
2. Menyendiri
3. Ngelamun
4. Stalking-stalking medsos

Kadang ketemu worst case yang gabisa dihindari pas sedih, yaitu udah mah mati lampu, hujan, internet mati, hape lowbat, power bank abis, orang-orang lagi pada ga di rumah, badan masih sakit-sakit sisa workout, udah lah itu mah nyerah, sedih aja.
Kadang ngelampiasin sedih juga baik sih buat diri sendiri, tapi pengalih perhatian ini aku lakuin biar ga sedih-sedihan mulu.
Masih banyak yang bisa dilakuin daripada sedih-sedihan terus kan?

- Repost dari Tulisan di Tumblr Saya yang ini, September 2016 hhehe-

0 comments:

Post a Comment