Thursday, 15 February 2018

Mata Air Ninivala di Desa Piliana Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah

Desember tahun 2016, saya dan Mba Chika dapat penugasan ke Maluku Tengah dan harinya lumayan panjang, jadi ketemu weekend dan bisa curi-curi waktu buat jalan-jalan, secara Pemda setempat juga libur kan kalau Hari Ahad. Nah, di Maluku Tengah ini, banyak tempat wisatanya, yang ter-hits itu Banda Neira, ada juga Pantai Ora, Taman Nasional Manusela, dan ada juga Mata Air Ninivala.
Karena ke Ora udah pernah dan ke Banda Neira itu jauh dari Masohi (Ibu Kota Kab. Maluku Tengah), jadi, saya dan Mba Chika mau coba pergi ke Mata Air Ninivala.
Dari Masohi ke Desa Piliana tempat Mata Air Ninivala berada, perjalanan sekitar 3 jam (jarak kurang lebih 130 km), jalanannya bagus ga banyak kelak kelok kaya pas di Lintas Buru, tapi kalau ke sana harus perhatikan cuaca ya, karena ada jembatan besar yang masih diperbaiki, rusak diterjang banjir, jadi, jika pas musim kering, bisa lewat dengan cara melewati sungai kering, tapi jika musim hujan atau musim angin timur, gabisa lewat, karena sungai berisi air, dan jembatannya waktu itu gabisa dilewatin juga (mungkin ada alternatif menyebrang lain seperti perahu atau kapal speed), semoga sekarang udah bener lah yaa jembatannya.
Sampai di Piliana, sebelum ke Ninivala, nemu spot foto kece, katanya di situ pemandangan bagus banget kalau sunset, yaa ga sunset aja bagus banget loh, jadi berhenti dulu deh buat foto. 


Konon katanya, sebelum dibangun jalan, jika ingin ke Mata Air Ninivala, harus hiking sejauh 10 km, aduuh hayati mah ga akan sanggup kayaknya, mana katanya curam gitu track nya, duuh alhamdulillah aku kesana jalan udah bagus, jadi mobil parkir di pinggir jalan, dan tinggal jalan dikit sekitar 30 meter, sampe deh. Kalo mau ke sini nginep di Masohi dulu kali ya, soalnya sekitarnya hutan-hutan jadi ga ada tempat nginep gitu.

Berada di ketinggian 1280 mdpl di kaki gunung Binaya, inilah Mata Air Ninivala~~~~~


Airnya bersiiih banget, tawar, super dingin (renang-renang ga nyampe 30 menit udah menggigil), ada kabut-kabut di atas air karena memang dingin dan banyak gelembung karena air yang keluar dari tanah.

Seperti biasa, jalan-jalan di Maluku Tengah dianterin oleh driver andalan gue, Bang Sami yang baik hati dan tidak sombong hehehe
Buat yang mau coba ke sini, bisa kontak driver-driver Maluku Tengah yang terpercaya, okey.
Sekian cerita di Mata Air Ninivala.

0 comments:

Post a Comment