Monday, 18 November 2019

Resep Anti GTM ala Ibunya Radeya yang (so sibuk) Bekerja

Jujur yaa, Radeya itu jarang banget GTM, anak baik ibu Masyaallah, Alhamdulillah. Tapi ya kalau lagi sakit baru deh badai GTM melanda. FYI GTM itu Gerakan Tutup Mulut alias gak mau makan. Boro makan, mangap aja dia gak mau.

Dalam masa-masa GTM ini, pastilah pusing emak, apalagi udah turun berat badan, asli sutres banget, setelah beberapa bulan hidup bersama, akhirnya aku tahu makanan yang gak bisa dia tolak meskipun lagi GTM. Dan, makanan ini ala-ala ibu (so sibuk) bekerja, yang gak punya banyak waktu buat masak dan nyiapin bahan yang ribet. Jadi ini resep simpel banget, dan pengen banget aku share karena cari resep yang simpel itu susah, kalo di IG itu rata-rata resepnya ribet-ribet dan pake bahan yang susah didapet. Nah emak radeya ini gak pandai-pandai banget masak, jadi pake bahan yang mudah didapat saja, dan masaknya juga cepat dan gak ribet wkwkwk.

Sebenernya ada 2 resep, tapi kali ini aku share 1 dulu, yang satu itu ayam pop, tapi karena belum difoto-foto jadi post nya nanti lagi aja kalau udah difoto wkwkwk.

Sekarang yang mau aku share ada resep teri tempe kering, uhuuuy... cekidot
Bahan:
- 1/2 potong tempe
- 1/4 ons teri nasi
- 7 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 batang daun bawang
- 2 lembar daun salam
- Minyak goreng secukupnya
- Garam secukupnya
- Kecap manis secukupnya

Cara memasak:
0. Potong bawang-bawang

1. Potong kecil tempe, rendam di air garam hangat
2. Siapkan wajan, masukan minyak secukupnya, masukan tempe


3. Goreng tempe sampe 3/4 matang, kira-kira seperti ini, sisihkan. Setengah potong tempe ini gorengnya aku bagi jadi 2 kali, dua-duanya goreng sampai 3/4 matang.

4. Cuci teri, dan rendam di air garam hangat (maap rendamnya di panci wkwkwk)


5. Goreng sampai kecoklatan, namun jangan kering banget ya, 3/4 matang lah sama kaya tempe


6. Sisihkan tempe yang sudah digoreng, disatuin sama tempe juga gpp


7. Panaskan kembali wajan dan minyak, masukan bawang merah, goreng sampai wangi (1/2 matang)


8. Masukan bawang putih


9. Goreng sampai kekuningan dan wangi semerbak


10. Masukan tempe, teri, bawang daun, dan daun salam


11. Masukan kecap dan garam secukupnya


12. Aduk rata, biarkan meresap dan goreng sampai agak kering

Daaan, pas jadi si bayi nangis, jadi gak sempet difoto wkwkwk. Rasanya manis dari kecap, asin dari teri, jadi gurih kriuk gitu. Radeya kalau lagi GTM sering pengen makan yang kriuk-kriuk, jadi daripada dikasih kerupuk mending dikasih teri saja.

Nah yang ayam pop nanti yaa aku post, sekarang segini dulu yaa. Terima kasih sudah membaca.

0 comments:

Post a Comment