Wednesday, 4 March 2020

Restoran di Pusat Kota Bandung


Bandung salah satu surga kuliner Indonesia, saking surganya banyak banget pilihan dan suka gak ngerti mau kemana ya kan. Mulai dari masakan sunda, jepang, western. Mau di resto ataupun yang di streetfood juga enak-enak. Kali ini mau cerita tentang beberapa restoran yang terletak di sekitaran Pusat Kota Bandung, karena kemarin nih aku bertugas cari tempat makan buat perpisahan teman kantor, jadi tanya-tanya dulu deh sama teman yang asli Bandung, yang sering ke tempat-tempat kuliner. Nah, karena kriterianya tempat makan di pusat kota, jadi terpilih lah survey ke tempat-tempat ini. Ada Glosis, Le' Marly 10, Atmosphere, The Larder at 55, dan Shabu Kojo. Dari 5 tempat ini, aku makan cuma di Shabu Kojo, yakali makan di semuanya, perut gak muat dong, jadi untuk makanan yang bisa aku kasitau cuma yang Shabu Kojo aja ya. Oke kita mulai cerita satu persatu.

1. Glosis
Alamat : Jl. Citarum No.12, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Jam Buka : 11.00-22.30
Telepon : (022) 87831500 

Usut punya usut, Glosis ini salah satu tempat makan legend di Bandung, sejak dulu sudah ada dan maybe salah satu pionir resto steak/western di Bandung (dulu nya tahun berapa monmaap ku tah tahu ehehehe).
Restonya tepat di perempatan, tapi papan nama restonya rada ketutup, jadi kita harus jeli dan cerdik mencarinya meskipun pakai google maps, aku juga muter 1 kali karena putaran pertama gak ketemu ehehhe ini foto papan nama restonya, difoto dari mobil.

Papan Nama
View dari Tempat Parkir
Tempatnya lumayan cozy, ada yang di dalam, bisa juga di luar. Tempat duduknya pun banyak ya. Dan ada ruang meetingnya, muat untuk 50 orang lah kayaknya, plus sudah ada LCD, layar, mic, dan sound system, lengkap deh.

Tempat Makan di Dalam, Agak Gelap Mungkin Lampu Belum Dinyalain hhe
Tempat Duduk Banyak
Tempat Makan Outdoor
Meeting Room dengan Berbagai Fasilitasnya
Meeting Room Bisa Muat Banyak Orang
Menu di Glosis tentu masakan western yaa, dan memang spesialis steak, tapi ada menu pizza dan dessert juga. Kalau ke sini rame-rame pun bisa pesen yang platter.

 
 








 2. Le' Marly 10 
Alamat : Jl. Citarum No.10, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka : 07.00 - 21.00 
Telepon : (022) 7273533

Tidak jauh dari Glosis, ada tempat cozy lagi nih namanya Le' Marly 10, dan ini juara banget sih ambience nya, bikin betah, cocok buat kumpul sama teman atau keluarga, cape pulang kerja nongkrong di sini juga seru, atau cari ide brainstroaming juga betah banget asli deh. Di sini juga tersedia ruang meeting, cukup untuk 16 orang, dan ada papan tulisnya, namun LCD dan sound system tidak ada, jadi untuk rapat kecil sambil makan siang cantik bisa lah.









Menunya western, namun ada menu Asia nya juga. Kalau ke sini pasti rada bingung cari menu minumnya, kok gak ada di buku menu, eh taunya ada di botol yang ada di meja. Selain itu, ada menu buffetnya juga, salah satu set buffetnya bisa dilihat di foto di bawah yaa.










3. The Larder at 55
Alamat : Jl. Gandapura No.55, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Jam Buka : 07.00 - 10.00
Telepon : (022) 20510406

Ke The Larder at 55 ini gak sengaja lewat sih, dilihat dari luar kayaknya cafe lucu. Dari awal udah espect sih ini pasti tempat yang lebih ke makan cantik, makan ringan, cake, ngopi, tempat ngobrol, tempat ngerjain tugas, tempat pacaran, tempat unik, terkonsep, dan tempat yang lucu banget kaya cafe-cafe di Korea gitu ehehehe lebay gak?

Pas masuk langsung ada kue-kue yang terlihat enak berjejeran, ditambah barista-barista yang sibuk bikin kopi. Ada tempat duduk juga di lantai 1 ini tapi gak banyak, kalau gibah di situ, para barista bisa denger juga kecuali bisik-bisik ehehehe









Di lantai 2 ini nih baru deh tempat cozy banget. Buat yang cari tempat bridal shower, baby shower di Bandung, yang tempatnya nyaman dan gak terlalu rame sama orang-orang, aku sangat sangat merekomendasikan tempat ini. Ada yang meja besar bisa untuk sekitar 10 orang, ada juga meja kecil kapasitas 4-6 orang, ada juga sofa minum kopi cantik sama boneka beruang besar, anak aku pasti seneng kalau ke sini, emaknya juga sih ehehehe
Selain itu, ada meeting room, dan enakeun juga ini meeting room nya. Gak terlalu besar tapi nyaman banget, 20 orang bisa lah masuk ke meeting room ini.











4. Atmosphere Resort Cafe
Alamat : Jl. Lengkong Besar No.97, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261
Jam Buka : 11.00 - 24.00
Telepon : (022) 4262815

Nah untuk cafe ini, konsepnya cafe plus resort. Jadi ada nuansa alamnya, tempat duduknya indoor outdoor bisa nampung banyak orang, ada yang saung-saungnya, juga ada yang lesehan. Selain itu, sering juga ada artis manggung di sini. Jadi kalau ke sini memang enaknya malem sih, jadi nuansanya dapet banget. Selain itu, ada area outdoor yang kalau siang memang panas karena kena terik matahari, kalau malem cucok gitu katanya.















Menunya bwanyak pilihan sis n bro. Kalau mau bawa rombongan ke sini, bisa pesen tentuin dulu menu-menu mana aja yang dipilih, biar dapurnya siap, nanti ada kartu gitu, dan pilih per orang dari beberapa menu yang sudah kita tentukan. Dan aku dapet banyak testimoni dari bapak ibu di kantor, kalau makanan di sini enak banget loh, makanya masuk kandidat tempat buat perpisahan.



















5. Shabu Kojo
Alamat : Jl. Progo No.20, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka : 10.00 - 22.00
Telepon : 0821-2268-8844

Restoran ini adalah restoran AYCE atau all you can eat. Tempatnya luas, dan nyaman, toilet dan musholanya juga oke. Makannya juga santai meskipun ada durasi makannya 80 menit (plis asli ini lupa 80 atau 120 menit, kalau salah tolong koreksi ya hhe). Tapi durasi segitu sudah sangat cukup ko untuk makan di sini, waktu itu aja kami sekalian solat, abis solat makan nyemil-nyemil lagi, kenyang deh. Kalau makan di AYCE ini diuji banget buat gak greedy atau serakah, karena pasti laper mata, pengen ngambil ini itu, eh taunya gak abis, hati-hati loh, selain mubadzir buang-buang makanan, di sini juga kena cash kalau makanan gak diabisin. Jadi mending ambil dulu dikit-dikit secukupnya, kalau mau lagi baru ngambil lagi.





Kalau ada yang bingung kalau makan di resto all you can eat, aku mau kasih tau caranya hehehe bukan menggurui ya tapi ngasitau aja buat yang baru mau nyoba, cekidot:

1. Pilih Jenis Daging
Jadi pertama kita lihat buku menu, ada berbagai macam pilihan daging. Apapun pilihan dagingnya, kita tetep bisa refill sepuasnya dan tetep bisa ngambil semua jenis makanan yang ada di buffet, nah kalau aku biasanya pilih daging yang basic aja atau yang paling murah, toh rasanya menurut aku gak jauh beda. Menurut aku tapi yaa hehehe.

2. Pilih Kuah Shabu
Biasanya ada berbagai macam pilihan kuah shabu, standarnya ada kuah kaldu, miso, tomyam. Kalau gak ngerti perbedaannya, tanya aja ke waiters nya ya gak usah malu. Tapi aku kasih gambaran sedikit, kalau yang kaldu cenderung plain, jadi kita nanti bisa eksplorasi sendiri rasa yang kita inginkan, karena di buffet ada berbagai macam bumbu yang bisa kita racik. Kalau miso cenderung asin, dan tomyam cenderung asem pedas. Kalau aku lebih suka yang tomyam karena seger pedes gitu. Selain 3 kuah ini, biasanya di resto AYCE di sini atau tempat lain ada kuah lainya dan namanya bisa beda-beda, nah tanya deh ke waiters perbedaannya apa.

3. Mau Pakai Grill atau Engga?
Kalau bakar-bakar ini additional. Jadi kalau shabu itu sudah pasti, kalau grill ini kita bisa order atau engga. Bedanya yaa ada alat buat panggangnya, kalau makanannya tetep yang di buffet sama aja kalau kita order shabu gak ada bedanya. Untuk pasang alat bakar-bakaran ini di meja kita, kena cash per orangnya yaa, jadi gak gratisan. Kalau aku sih shabu aja udah cukup sebenernya yaa lagian males kudu makan riweuh sambil masak-masak. Tapi kalau suami lebih suka bakar-bakar, dan seru masak-masaknya cenah, jadi tergantung selera mau pakai grill atau engga.

4. Ambil Bumbu dan Makanan
Di buffet ada berbagai macam makanan, ingat jangan greedy dan laper mata ya, ambil secukupnya yang kita pengen makan aja dan kira-kira bakal kita abisin nih. Makanannya ada macem-macem, mulai dari makanan yang sudah siap kita makan gak perlu masak-masak lagi seperti pasta, nasi goreng, eggroll, beef teriyaki, nasi putih, sushi, gorengan, es krim, es campur, rujak, buah potong, salad buah, bubur kacang, kue-kue, dan puding. 
Kalau yang mentah ada berbagai macam baso, beragam mie, daging, seafood, sayuran, jamur-jamuran dan tofu. Minumnya ada infused water, kopi, teh, dan jus. Bumbunya juga bermacam-macam, mulai dari berbagai macam bawang, kecap, saus, sampai bumbu racikan dari shabu kojonya. Tapi sayang ternyata berbagai bumbu itu gak ke foto ehehehe. Kalau aku bumbunya yang simple aja karena kuah udah kaya rasa karena selalu pilih tomyam, jadi paling nambah cabe sama bawang putih goreng. Kalau bingung ngeracik bumbunya, minta waiters ngeracikin juga bisa.

5. Time to Eat
Masuk-masukin deh makanan ke mangkok shabu, sambil nunggu mateng bisa cemal-cemil gorengan. Dagingnya dicelup-celup bentar juga udah mateng, dan kalau habis bisa refill lagi tinggal bilang ke waitersnya. Bahan makanan atau makanan lain juga kalau udah habis boleh bolak-balik ambil sepuasnya.
 















Itu dia cerita tempat makan di daerah pusat Kota Bandung. Penasaran gak jadinya milih tempat perpisahan yang mana? ahahaha tempat yang dipilih adalaaah klik di link ini . Terima kasih sudah membaca~

0 comments:

Post a comment